Aid Training Accountability kumpulkan 25 utusan LSM dan Lembaga Sosial Se-Riau
Pekanbaru (2/4/2012) Usaha sungguh – sungguh untuk meningkatkan kualitas dan performance lembaga sosial semakin gencar dilakukan. Ini tampak dari kegiatan yang dilaksanakan oleh LAZ Swadaya Ummah Riau bekerjasama dengan PIRAC (Public Interest Research and Advocacy Center ) Jakarta. Kegiatan dilaksanakan senin, 02 April 2012 di Hotel Ibis Pekanbaru, dimulai pukul 08.30 sampai pukul 17.00 WIB.

Kegiatan training ini bertujuan meningkatkan kemampuan lembaga sosial untuk menyusun program secara tepat dan membuat laporan terstandar.

Pelatihan ini dihadiri oleh 25 utusan lembaga – lembaga sosial yang ada dipropinsi Riau. Dengan pelatihan ini akan terukur secara jelas bagaimana lembaga menggunakan dana sosial yang dihimpun dari masyarakat dapat terkelola secara baik, profesional dan dapat dipertanggung jawabkan.

Tampak hadir Ketua BAZNAS propinsi Riau Drs.H.Auni M.Noor, Manager LAZNAS Chevron Riau Budi hari, dan utusan lembaga sosial lainnya seperti WWF, YTNTN, Rumah Zakat, LAZ Ibnusina, Lagzis Peduli, BSMI, PMI, LAZIS MU, LAZIS NU, ISEC.

Materi training disampaikan oleh Nor hikmah Manager Pelatihan PIRAC Jakarta. Beberapa poin penting yang disamapaikan dalam training ini yaitu terkait, independensi lembaga, kompetensi, komitmen, Non Diskriminasi, transparansi, koordinasi, non-proselitas, kemandirian, mekanisme umpan balik, keberpihakan kepada kelompok rentan.

Materi ini sangat bermanfaat dan sebuah keharusan setiap lembaga sosial memiliki standar akuntabilitas dalam mengelola dana publik, ujar Manager LAZNAS Chevron Budi Hari, yang menjadi peserta Aid training Accountability. “ ini menjadi pembelajaran bagi lembaga untuk selalu memperbaiki diri, dalam mengelola dana masyarakat”. Tutupnya.

Materi disampaikan dengan lugas dan disimulasikan, sehingga setiap peserta dan lembaga dapat mengukur sejauhmana kinerja serta akuntabilitas lembaga masing-masing.

Diakhir kegiatan, Direktur LAZ Swadaya Ummah Nuryasin mengungkapakan,”Semoga usaha kami memfasilitasi mitra – mitra lembaga sosial di Riau ini bermanfaat, dan dapat meningkatkan komitmen bersama dalam memajukan kinerja serta akuntabilitas lembaga sosial kedepan.” Katanya mengakhiri.(ny)

 

BEZ News Letter