Targetkan Zakat Sawit, Swadaya Ummah buka kantor unit di Kampar Kiri Tengah
Kampar Kiri (24/3/13) Zakat menjadi sebuah kewajiban bagi mereka yang telah memenuhi syarat, sebagaimana sesuai dengan ketentuan syariat. Para petani kebun sawit juga tidak lepas dari kewajiban agama ini. Penghasilan petani sawit jika memenuhi standar syarat untuk berzakat (nishab) maka bagi mereka juga dikenakan kewajiban zakat, dari hasil kebun sawit tersebut.

Masyarakat desa Binabaru kecamatan Kampar Kiri Tengah kabupaten Kampar, mayoritas berpenghasilan dari mengelola kebun kelapa sawit. Hasil rata – rata setiap kepala keluarga dengan luasan kebun 2 Ha, mereka akan mendapatkan hasil paling tidak Rp.2.500.000 pada setiap panennya. Sehingga jika dilihat dari nishab nya menggunakan qiyas hasil pertanian dikonversi dengan nilai beras 520 kg, setara dengan Rp.4.160.000 jika harga beras Rp.8.000/kg. Maka dari hitungan diatas, petani tersebut akan mencapai nishab dalam komulasi panen keduanya. Sedangkan tarifnya yakni 5% dari penghasilan, dengan alasan kebun kelapa sawit membutuhkan perawatan khusus dan biaya tambahan.

Dengan membayarkan kewajiban zakat kebun kelapa sawit ini, maka kita sudah melakukan dan bersikap hati – hati, sehingga rizki yang dimanfaatkan sudah bersih dari hak orang lain.

Untuk membantu masyarakat inilah, Lembaga Zakat Swadaya Ummah membuka kantor unit Gerai zakat di Desa Binabaru Kecamatan Kampar Kiri Tengah. Alamat kantor di Klinik Sehat Jl.Lintas Desa Bina Baru.

Acara peresmian kantor layanan zakat ini dihadiri oleh tokoh masyarakat dan perangkat pemerintah di kecamatan Kampar Kiri Tengah. Peresmian ditandai dengan penandatanganan Piagam peresmian oleh Kepala desa Binabaru. Tampak hadir juga Karyanto Anggota DPRD Kabupaten Kampar dan tokoh masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut juga ditunjuk kepala Unit Layanan Gerai Zakat, Sukirman dan beberapa staf menjadi pengelola kantor unit Gerai zakat ini. Penyaluran zakat perdana penerima manfaat juga dilakukan untuk 2 beaswa cerdas, dan 50 paket sembako untuk dhuafa.

Bagi masyarakat yang akan membayar zakat dan mendapatkan informasi dapat menghubungi di nomor 0823 88036431.
 

BEZ News Letter