Masjid Perlu Pendampingan untuk Pemberdayaan Zakat
Pekanbaru (22/06) Masjid memiliki peran sentral dalam mewujudkan kemandirian ummat. Kemandirian ini bermakna luas, dapat berupa pusat layanan ekonomi ummat maupun segala aktifitas pemberdayaan lainnya.

Untuk menguatkan peran masjid inilah, LAZ Swadaya Ummah membuat kegiatan berupa seminar dan pelatihan pemberdayaan zakat berbasis masjid se Kota Pekanbaru. Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Ikhlas Jalan Soekarno – Hatta.

Hal ini sangat penting karena, masjid sebagai pusat kegiatan ummat yang terbentuk sedemikian rupa, dan kokoh ditengah masyarakat. Sehingga perannya dapat ditingkatkan sebagai pusat pemberdayaan zakat bagi lembaga pengelola zakat seperti LAZ atau BAZ.

Dalam materi pelatihan tersebut disampaikan terkait dengan fiqh zakat oleh ustad Sujiat, MA selaku pengawas syariah LAZ Swadaya Ummah dan pengasuh bilik Zakat Riau Pos. sedangkan materi Managemen dan Pemberdayaan masjid disampaikan oleh Nuryasin, Direktur Eksekutif LAZ Swadaya Ummah Propinsi Riau.

Kegiatan ini dihadiri oleh utusan masjid se Kota Pekanbaru dan mitra LAZ Swadaya Ummah dalam pemberdayaan ZISWAF berbasis masjid.

Harapan dari kegiatan ini adalah, masjid sebagai pusat kegiatan ummat dapat dilibatkan lebih aktif lagi dalam pemberdayaan ZISWAF yang ada di Kota Pekanbaru ini. Tentu akhirnya tujuan mensejahterakan ummat lebih terarah dan terukur keberhasilannya.(*y2)
 

BEZ News Letter